Jumat, 07 Oktober 2016

[The Power of Story]


"Mudahkanlah setiap urusan & janganlah dipersulit, berilah kabar gembira dan jangan kamu buat lari.." pesan Rasul kita kepada Abu Musa Al-Asy'ary yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari. Seorang muslim haruslah menarik, karena ia adalah penyeru, da'i kepada islam. Maka ya jangan terlalu serius lah, sesekali buatlah lelucon, tertawa, dan berceritalah. Dan untuk menjadi menarik, sebenernya gak perlu ganteng atau cantik. Yang penting, pandailah bercerita!

Nah, sekarang coba tebak siapa artis wanita yang paling kaya sejagad? Ada yang tahu? Saya juga gak tahu, hehe.. yang jelas rata2 mereka kudu menari, menyanyi, berakting, bahkan melucuti seluruh busananya di depan kamera agar tampak menarik, wal iyadzu billah. Tapi yang unik, di tahun 2006, ada 2 wanita yang jadi kaya raya sejagad karena kemampuannya bercerita. Yang pertama seorang presenter, namanya Opray Winfrey, kemudian kedua, penulis novel serial Harry Potter, J.K Rowling. Di Indonesia pun banyak wanita yang kaya hanya dengan modal pandai bercerita. Sebut saja Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dan sederet nama lainnya. Maka sebenarnya tidak perlu cantik, tapi pandailah bercerita. Hehe.. 😀😀. Kenapa bercerita? Cerita itu pesannya mudah dipahami, maka Nabi pun juga pandai bercerita. Pernah beliau bercerita di mimbar dari shubuh sampai dhuhur, kemudian dilanjut habis dhuhur sampai ashar dan gak ada seorang pun yang bosan. Wah, keren gak tuh Nabi kita?

Alkisah, ada seorang Ayah bilang ke anak laki2 nya, "Nak, ayah akan jodohkan kamu dengan gadis pilihan ayah." "Tapi yah, aku belum mau menikah, aku kan masih unyu." tolak si pemuda. "Udah percaya aja sama ayah, gadis satu ini bukan gadis sembarangan, dia putri Bill Gates," kata sang Ayah. Mendengar itu, anaknya langsung bersedia. Kemudian sang Ayah ini pergi menemui Bill Gates, " Bill, saya akan jodohkan putri Anda dengan putra saya," ujarnya to the point. "Wah, sayang sekali, tapi putri saya belum mau menikah nih," tolak Bill Gates. "Udah percaya aja sama saya, pemuda satu ini bukan pemuda sembarangan. Dia adalah vice president World Bank," jelas sang Ayah. 

Mendengar hal itu, Bill Gates langsung terperanjat, "Hmm.. kalau gitu sih, saya dan putri saya berat menolak, hehe.." Nah, lalu sang Ayah ini pergi lagi menemui president World Bank. Gini katanya, "Pak, saya akan menempatkan putra saya sebagai wakil Bapak di World Bank," "Lho, Anda ini siapa? Kok berani-beraninya bilang gitu, saya juga belum butuh wakil kok," ujar Presiden World Bank. "Udah, percaya aja sama saya. Orang yang satu ini bukan orang sembarangan. Dia adalah menantunya Bill Gates," jelas sang Ayah. Mendengar itu, president World Bank dengan nada pelan menjawab, "Wah, kalo begitu, saya sangat bersedia, kapan bisa kita mulai?" Hehe..

Ada-ada saja. Ini gak beneran lho.. ya tidak harus ditiru sih. Tapi sebagai seorang muslim. Kita dituntut untuk menawarkan islam kepada semesta. Maka salah satu caranya ya pintar2 lah bercerita. This is the power of story!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar