Kamis, 11 Juli 2013

Tips Mudah Mengetahui Halaman Awal Tiap Juz Al-Qur'an Tanpa Melihat Mushaf



Assalamualaikum...ikhwatii fii nafsil 'aqiidah, Saudaraku seakidah Islam

Pernah gak temen-temen menjumpai seorang Hafidz Qur'an yang keren banget?, sampe hafal titik komanya, hafal ayat ini ada di halaman berapa dari awal Juz 1, ada di halaman berapa dari awal Juz nya, ada di kanan, kiri, atas, atau bawah.. Pernah gak? hehe.. Saya pernah lho, dan ternyata caranya sangat simpel. 

Oiya, saya pernah nulis tentang Tips Menghafalkan Al-Qur'an. Sekarang saya ingin berbagi tips Cara mengetahui halaman awal tiap juz Al-Quran. Ini Menarik! dengan trik ini temen-temen bisa mengetahui dengan mudah halaman ke berapa awal juz Al-Quran walaupun 'belum' hafal Al-Quran. Cara ini juga akan membantu menguatkan hafalan Al-Quran secara gak langsung, Insya Allah..

Requirements:
Agar trik ini berhasil, maka ada syaratnya, yaitu harus menggunakan Al-Qur'an standar (1 juz= 20 halaman), bisa yang rasm utsmani atau yang bukan. Jangan pakai Al-Quran tulisan tangan, terbitan Indonesia yang tiap juznya kurang dari 20 halaman. Mengapa? karena cara ini tidak akan bisa digunakan jika kita pakai Al-Qur'an yang 1 juz tidak 20 halaman. hehe..

Oke...langsung aja, pertama cek dulu Al-Qur'an temen-temen, Juz 1 nya dimulai dari halaman 1 atau halaman 2 ?? Yang dimulai dari halaman 1 biasanya adalah Al-Qur'an rasm utsmani cetakan Arab, sementara yang dimulai dari halaman 2 biasanya Al-Qur'an standar cetakan Indonesia. (memang ada perbedaan halaman penerbitan, tapi itu gak jadi masalah). Ingat! Juz 1 dimulai dari surat Al-Fatihah ya. :-)

Jika halaman awal Juz 1 dimulai dari halaman 1, maka catat baik-baik angka 2. 
Namun, jika ternyata halaman awal Juz 1 dimulai dari halaman 2, maka catat baik-baik angka 3. Logikanya adalah awal juz 1 ada di halaman bagian kanan, sementara awal Juz 2, 3, 4, dst. selalu dimulai pada halaman bagian kiri. Itulah kenapa saya suruh temen-temen ingat angka 2 atau 3 tadi. 

Intinya, kita berpatokan dengan halaman pertama Juz 1 nya. 

Nah, semisal temen-temen pengen mengetahui awal Juz 4 ada di halaman berapa, maka caranya:
  1. Catat baik-baik angka 2 atau 3 tadi, (maaf, saya ulangi lagi, hehe.. XD)
  2. Ambil angka 4 yang merupakan juz yang akan kita cari halaman awalnya, lalu kurangi dengan 1 (4-1)= 3.
  3. Nah, bilangan 3 ini lalu kalikan dengan 2, jadi 3x2= 6 
  4. Kemudian letakkan angka 6 tadi di depan angka 3 atau 2 (Poin 1). 
  5. Jadi, juz 4 ada pada halaman 62 Al-Qur'an (Jika Juz 1 dimulai pada halaman 1) atau halaman 63 (Jika Juz 1 dimulai pada halaman 2).
Sekarang lihat pada Al-Qur'an! dan temen-temen akan lihat Juz 4 dimulai pada halaman 63 atau 62. Menarik bukan..? Contoh lain, Jika temen-temen pengen tahu awal Juz 16 ada di halaman ke berapa:
  1. Ingat baik-baik angka 2 atau 3 tadi,
  2. Ambil angka 16 yang merupakan juz yang akan kita cari halaman awalnya, lalu kurangi dengan 1 (16-1)= 15.
  3. Nah, bilangan 15 ini lalu kalikan dengan 2, jadi 15x2=30
  4. Kemudian letakkan angka 30 tadi di depan angka 3 atau 2 (Poin 1). 
  5. Jadi, juz 16 ada pada halaman 302 Al-Qur'an (Jika Juz 1 dimulai pada halaman 1) atau halaman 303 (Jika Juz 1 dimulai pada halaman 2).
Subhanallah...Coba juga pada Juz-juz yang lainnya ya!. Silakan dipraktekkan untuk mengasah dan menguatkan hafalan Al-Qur'an kita. Sebagaimana sia-sianya amal tanpa ilmu, maka ilmu tanpa amal juga tiada guna. Jangan lupa, ajarkan juga pada orang lain, supaya ilmu kita bermanfaat, supaya kita jadi umat islam yang tidak buta Al-Qur'an :-)

Wallahul Musta'an..

5 komentar:

  1. Masha Allah,
    jazakallohu khoyron katsir akhiy .. syukron

    BalasHapus
  2. MasyaAllah...alhamdulillah syukur terjumpa blog ini...Ana mohon izin cuba praktikkan.Syukran.

    Fuad.

    BalasHapus