Jumat, 07 Oktober 2016

[Beginilah Seharusnya Merengkuh Hati..]


Suatu hari, Al-Faruq Umar bin Khattab menanyakan seseorang yang telah ia kenal sebelumnya. Maka sebagian kawannya menjawab, "Ia berada di luar kota bersama para pemabuk." 

Lalu Umar mengirim surat kepadanya yang isinya, "Sungguh, saya memanjatkan puji syukur ke hadirat-Mu, Ya Allah yang tiada Ilah melainkan Engkau, Dzat yang Maha Mengampuni dosa, Dzat yang Maha Menerima taubat dan Dzat yang Maha Dahsyat siksaan-Nya."

Berulangkali orang itu membaca surat tersebut sambil menangis sampai akhirnya la bertaubat.
Tatkala Umar mendengar berita itu, la berkata, "Beginilah cara memberi nasihat yang harus kalian contoh. Jika kau tahu bahwa saudaramu terpeleset dan melakukan dosa, maka luruskan dan mohonkan kepada Allah agar Allah mengampuninya, dan janganlah menjadi setan baginya."

Inilah akhlak seorang Khalifah Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu. Seorang Da'i yang sangat bijaksana. Beliau mengajari kita bagaimana menggali ke puncak hati seseorang, dan bagaimana menggamitnya. Dalam kesempatan berbeda, beliau juga memberikan kita tips dan trik lainnya, beginilah yang beliau nasihatkan,

"Tiga hal yang dapat membuat kecintaan saudaramu terhadapmu menjadi tulus (hanya karena Allah) ialah, lebih dahulu mengucapkan salam, memanggilnya dengan panggilan yang ia sukai,
dan memberikan tempat duduk dalam satu majelis."

Assalamualaikum warahmatullah wabarokaatuh..😇😇

Tidak ada komentar:

Posting Komentar