Minggu, 08 Februari 2015

Mencari Letak Kata dalam Al-Qur'an (It's too easy now !!)



Dulu, bahkan mungkin masih sampai sekarang, kalau seseorang mau nyari letak suatu kata dalam Al-Quran, ada di surat apa dan ayat berapa, musti pake kamus Al-Quran yang paling kesohor, kitab fathur rahman yang berbahasa Arab karya Imam Faidlullah bin Musa al-Hasani, tebalnya hampir 500-an halaman, dengan berat 0,5 kg. Jadi, selain harus ngerti bahasa arab dikit-dikit, nyarinya juga lama kalau belum terbiasa. 

Nah, sekarang... ada software keren, yang hampir setara dengan kitab itu, namanya Holy Qur'an explorer (hqe) kayak gambar di atas, lebih simpel dan hanya dalam hitungan detik sudah langsung ketemu...

Kemarin, ada temen saya tanya, "Ayat yang 'Innallaha yuhibbul muttaqin' itu letaknya di surat apa ayat berapa ya?", saya ingat2, saya ingat2, saya ingat2 lagi, lamaaa banget.

Wah, rupanya hafalannya lagi ngumpet nih, hehe.... XD. Akhirnya daripada kelamaan, saya buka hqe ini, saya ketikkan query "يحب المتقين" di kotak search pojok-an. Dan seketika keluar hasilnya bejibun. Luar biasa... subhanallah

Makanya, ini software sangat recommended buat temen-temen. Insya Allah sangat membantu ketika butuh mencari suatu penggalan ayat Al-Qur'an. Silakan, bisa didownload di link:

http://assunnah.info/download.html

hqe ini hanya merupakan salah satu software search engine qur'an, sebenarnya masih sangat banyak aplikasi gratis lainnya. Bisa juga nyoba pake web-based search engine kayak ini contohnya:

http://quran.javakedaton.com/kata/mencintai

Atau bisa juga pake kitab Qur'anic explorer yang search-nya berbasis pdf, bisa didownload di link dropbox saya:

https://www.dropbox.com/s/rn8rw68…/QuranicExplorerv1.1.5.rar

Mudah-mudahan bermanfaat,
Sekian dan Terimakasih :))

2 komentar:

  1. Salam, Fathurrahman yang apk belum ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh..ya, saya kurang tahu, coba nanti saya cari, kalau ada saya share kan..

      Makasih udh berkunjung :-)

      Hapus