Jumat, 07 Oktober 2016

[Rekapan Hafalan]



Kalau pegawai kantoran, mungkin hal paling dinanti adalah awal bulan saat gajian bukan? Hehe...😂😂Nah, kalau pembimbing tahfidz, hal paling dinanti dan yang sangat menggembirakan adalah saat akhir bulan. Kenapa? Karena akhir bulan adalah saatnya merekap hafalan santri. 

Rasanya ada kepuasan tersendiri tatkala melihat hasil pencapaian mereka bagus-bagus. Kepuasan ini pasti dirasakan semua guru. Yah, seperti puasnya seorang dokter kalau pasiennya bisa sembuh bahkan tetap sehat. Seperti itulah.. dan kepuasan ini saya rasa tidak akan bisa dibeli. Hehe.. Senang sekali rasanya tatkala para santri ini bisa nambah hafalan setengah juz, satu juz, bahkan hampir dua juz dalam sebulan. Dan hafalannya lancar, Masya Allah.

Oya.. jangan dikira para santri ini kerjaannya hanya tahfidz, mereka juga masih harus sekolah formal, menguasai materi eksak, materi kepondokan, juga materi depag. Dan ada juga kegiatan pondok lainnya yang padat dan menguras tenaga. Maka, kalau di tengah kesibukan itu, mereka mampu nambah hafalan segitu. Ini prestasi. Luar biasa..

Trus, kalau sebulan bisa nambah satu juz, kemudian anggaplah waktu efektif dalam setahun adalah 10 bulan, maka setahun bisa dapet 10 juz. Insya Allah 3 tahun khatam dan mutqin. Selesai dan lancar hafalannya. Memang ada yang bisa lebih cepet waktu khatamnya, dua tahun, setahun, bahkan 40 hari pun ada. Tapi rata-rata untuk bisa mutqin dan lancar hafalannya, butuh waktu sekitar 3 tahun. Bi idznillah. Memang butuh perjuangan, begadang untuk hafalan, dan seterusnya. Dan alhamdulillah tahun lalu ada 2 anak didik saya yang selesai 30 juz.

Mudah-mudahan Allah berikan kemudahan dan kelancaran bagi mereka yang serius menghafalkan kalamullah. "Saya doakan antum semua cepet selesai hafalannya dan lancar ya. Kalau antum mutqin, antum lah yang pertama seneng, baru orang tua antum, baru kemudian yang membimbing." Baarokallahu fiikum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar