Minggu, 08 Februari 2015

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?




Hmm.. Sadar nggak sih !
Seringkali kita beralasan untuk tidak melakukan suatu hal dengan alasan.. 'toh, paling ntar ada yang ngelakuin', 'ntar aja, kalau nggak ada yang ngerjain', 'wah, mesti ada yang ngerjain tuh', dan yang semisalnya... :D

Sebenarnya nggak ada masalah dengan alasan-alasan tersebut kalau yang beranggapan hanya satu orang. Yang jadi masalah kalau semua orang ternyata punya anggapan yang sama.. 

Sebuah survey penelitian sosial mengatakan, bahwa dalam sebuah kegiatan keanggotaan atau organisasi, ternyata hampir seluruh kegiatannya efektif dikerjakan oleh sekitar 30 % anggotanya saja, sementara sisanya biasanya tidak melakukan hal yang signifikan. Fenomena Itu bisa terjadi, salah satunya karena anggapan 'toh, ntar bakalan ada yang ngerjain'.

Nah, kaitannya dengan ini. Sebagai seorang muslim, ada istilah "Fardhu Kifayah", yang sering kita artikan berupa kewajiban yang bisa gugur jika sudah ada beberapa muslim yang mengerjakan, dan kalau tidak ada yang melakukan, maka semua muslim berdosa.

Yang termasuk amalan fardhu kifayah diantaranya, menjawab salam jika berkelompok, mengurus jenazah, mempelajari suatu ilmu pengetauan, menjadi pemimpin, dan lain sebagainya. Kebanyakan amalan Fardhu Kifayah ternyata berhubungan dengan hajat hidup banyak orang, berkaitan dengan hajat umat ini...

Saya membayangkan apa yang terjadi jika ternyata amalan yang menyangkut hajat hidup banyak orang ini tidak ada yang melakukan... Bisa gak karuan jadinya...

Sejarah membuktikan, bahwa banyak hal besar justru hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang. bukan oleh banyak orang. Maka, ada istilah dalam bahasa arab "Kullu syai in idzaa katsuro rokhusho illal adab", Segala sesuatu itu jika banyak, maka jadi murah harganya kecuali adab/perilaku baik.

Nah, mudah-mudahan kita semua menjadi pihak yang punya andil dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan 'fardlu kifayah' ini. Tidak menjadi seperti kebanyakan orang.

- Kalau bukan kita, siapa lagi? - :))

Wallahu A'lam Bish shawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar