Senin, 09 Februari 2015

Tips Menghafal Al-Qur'an




"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk diingat, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? [QS Al-Qomar: 17, 22, 32, 40]
Assalamu'alaikum ikhwah Fillah.. Saudaraku karena Allah..

Tahukah sobat? Ayat diatas diulang-ulang penyebutannya hingga 4 kali lho dalam surat Al-Qomar, artinya apa? Al-Qur'an ini memang sangat mudah untuk diingat, sangat mudah untuk dihafalkan. Tinggal kitanya mau atau gak. Menghafal Al-Qur'an itu tidak butuh kepintaran, tidak butuh kecerdasan. 

Berapa banyak anak-anak kecil yang hafal Al-Qur'an, padahal mereka tidak tahu artinya? 
Berapa banyak saudara-saudara kita yang hafal Al-Quran, padahal secara medis punya keterbelakangan mental, punya masalah dengan daya ingatnya?
Berapa banyak pula kaum muslimin yang dikaruniai kesempurnaan jasmani, keleluasaan waktu, kecerdasan akal, keberlimpahan harta tapi 'belum' diberikan nikmat hafalan Al-Qur'an?

Itulah sebabnya kenapa Allah bilang "..Maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" 
Sekali lagi, Menghafalkan Al-Qur'an bukan masalah 'Mampu' atau tidak, tapi 'Mau' atau tidak...

Nah, buat temen-temen yang mau menghafalkan Al-Quran, ada beberapa tips dari saya, yang mudah-mudahan bermanfaat...
Intinya kalau kita ingin sesuatu, maka harus diusahakan dengan bener-bener supaya bisa tercapai. Begitu pula kalau kita ingin menghafalkan Al-Quran, harus segera dimulai, nyicil dikit-dikit ntar lama-lama juga selesai tuh satu Al-Quran, nggak mungkin bisa langsung hafal semuanya kan? :-)

Untuk tipsnya.....

1. Luruskan Niat karena Allah dalam menghafal Quran. Ini Harus! Ingat! Siapa yang benar dalam niat dan usahanya, tiada lain bagi Allah kecuali menyempurnakan ketentuan-Nya. Siapa yang Allah lah tujuannya, Allah akan mudahkan jalannya!

2. Cari USTADZ, guru atau teman (yang punya kapabilitas bacaan Al-Qur'an baik) untuk bisa nyimak hafalan yang sudah kita hafal, ini penting banget, karena kalau kita hafalan sendiri, ntar takutnya bacaan kita banyak yang salah.

3. Cari teman atau lingkungan yang kondusif untuk nghafalin Al-Qur'an, cari KOMUNITASnya, mengapa? karena kita kan gak selamanya bisa semangat terus. Nah,, dengan punya komunitas atau temen-temen yang punya cita-cita yang sama, ketika kita baru males, nanti ada yang bisa nyemangatin atau ngingetin kita.... kalau kita nggak bisa nemuin, maka buatlah komunitas itu!

4. Usahakan minimal BACAAN Al-Qur'annya DILANCARKAN dan dibenarkan dulu, mengapa? karena kalau bacaan kita belum benar, trus kita nghafalin Al-Quran, maka hafalan kita itu juga bakal banyak salahnya. Padahal, kalau kita menghafal bacaan yang salah, untuk merubahnya itu lebih sulit daripada memulai hafalan baru... itulah pentingnya ada guru atau ustadz yang bisa ngajarin bacaan Al-Quran yang benar

5. Gunakan mushaf Al-Quran standar RASM UTSMANI yang satu juznya ada 20 halaman, jangan pake Al-Quran yang selainnya... mengapa? bukannya gak boleh, tapi memang karena Al-Quran yang formatnya satu juz 20 halaman itu lebih mudah diingat, dan ntar insya Allah kalau ada orang yang baca suatu ayat, kita bisa dengan mudah mengingat, nebak, dan langsung nentuin ayat itu ada di juz berapa, halaman berapa dari awal juz, tempatnya di kanan halaman, kiri, atas, tengah, atau bawah.. Nah, bisanya kayak gitu salah satunya juga karena ketika menghafal, pake Al-Qur'an standar ustmani.

6. Jangan lupa BERDOA sama Allah agar diberi kekuatan dan keistiqomahan. Kita bisa hafal Al-Qur'an itu juga karena izin Allah.

7. Buat TARGET kapan mau hafal Al-Quran, setahun, 2 tahun, 3 tahun, 10 tahun... atau kapan? kalau kita sehari bisa hafal satu halaman Al-Qur'an, berarti sebulan kita bisa hafal minimal 1 juz Al-Quran bi Idznillah (1 juz = 20 halaman), kalau istiqomah, setahun bisa minimal 10 juz, 3 tahun Insya Allah selesai satu Al-Quran... begitu juga kalau pengen target lebih cepat atau lebih lambat,,, bisa diatur sendiri.

8. Minta DOA dan restu kedua ORANG TUA karena do'a mereka itu sangat powerfull, Mustajab.

9. Yang gak kalah penting.... sebelum menghafal, baca dulu TERJEMAHannya, Insya Allah kalau kita baca terjemahannya dan tahu arti dari ayat yang kita hafalkan, kita bakalan lebih mudah menghafalnya dan hafalan kita akan sangat kuat dan tidak lupa-lupa

10. Hafalkan sedikit-sedikit, banyak langsung juga boleh... tapi, yang paling penting dari hafalan adalah MURAJA'AH, (baca: mengulang-ulang) hafalan karena Inti dari hafalan adalah pengulangan. Semakin banyak hafalan temen-temen, maka harus banyak juga muraja'ahnya. 

Berapa lembar idealnya muraja'ah? 

Kalau masih dalam tahap menghafal, dengan hafalan baru rata-rata 1 halaman/hari, maka idealnya adalah 1 Juz sehari, atau Minimal 10 halaman/hari.
Kalau udah selesai hafalan 30 Juz, maka idealnya muraja'ah 5 Juz/hari (Seminggu khatam) atau Minimal 1 Juz sehari (Sebulan khatam). 

Trus Gimana Solusinya Kalau Lagi Males Nghafal atau Lagi Futur?
Hehe... Memang ketika seseorang melakukan hal yang sama terus menerus, berulang-ulang, dan dalam jangka waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan akan timbul rasa malas. Itu Wajar! Termasuk dalam menghafal Al-Qur'an, tiap hari harus nghafal, tiap hari harus muroja'ah. 

Nah, coba ketika mengalami hal seperti itu, temen-temen bayangkan gimana rasanya ntar kalau udah hafal Al-Qur'an, gimana enaknya bisa baca Al-qur'an sambil nyetir, sambil motoran, sambil jalan, sambil merem sekalipun, hehe... Coba bayangkan enaknya bisa dengan lebih mudah memahami tafsir Al-Qur'an, Belajar Qira'ah Sab'ah. Bisa ngajari ngaji, tahsin, tafsir. Coba bayangkan bagaimana kelak posisi seorang penghafal Al-Qur'an di akhirat, bagaimana derajat orang tuanya kelak di surga, dan lain sebagainya...

Trus, mulai nghafalin lagi deh, karena 'Our emotion is created by our motion and our motion is created by our emotion too!' Kalau kita ngerasa males, ya pikiran kita jadi males, tubuh kita jadi males, semuanya jadi males. Tapi kalau kita semangat, semuanya akan jadi semangat juga, Insya Allah... :))

Nah, itu tadi tipsnya... Mudah-mudahan langkah temen-temen semua untuk menghafalkan Al-Quran dimudahkan oleh Allah.... Amiin, :-) 

Wish You All The Best.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar