Jumat, 24 Juni 2016

Aku Tahu, Allah Tidak Tidur




Alhamdulillah atas segala kejadian, skenario, dan drama yang sudah Kau atur sedemikian rupa untuk mengingatkan khilafku, Ya Allah.. semua kejadian ini pasti ada hikmah dan pelajarannya. Saya akan berbagi kisah seharian ini, bukan untuk apa-apa! Saya tidak bermaksud riya' dan mudah-mudahan ini bisa diambil ibrohnya..

Pagi tadi, sekira jam 10 pagi, saya melaju ke pondok selepas dari kampus, kemudian saya sempatkan untuk mengganti oli motor terlebih dahulu di bengkel dekat pondok, karena kebetulan bengkelnya gak bisa buat nyervis motor, yaudah saya berniat nyervis di tempat lain yang searah dengan jalan pulang ke rumah. Setelah bayar ongkos ganti oli, saya lihat jam, "Hmm.. masih sekitar 30 menitan lagi dhuhurnya," saya masukkan dompet ke saku jaket dengan agak terburu, lalu tancap gas supaya bisa sampai ke tempat servis motor sebelum dhuhur. Pikir saya nanti kalau udah masuk waktu dhuhur, sambil motornya antri diservis, saya bisa sholat dhuhur di masjid sekitar situ.

Eh, ketika sampai di tempat servis, saya raba saku jaket saya.. kosong. Saya cek tas saya, pelan-pelan. Nihil. Gak ada dompetnya. Saya mulai khawatir kalau dompet saya jatuh di jalan.. saya cari lagi sekali lagi, dan nihil... gak ada.

Ya Allah, kayaknya dompetnya jatuh, mungkin di jalan atau di bengkel pas ganti oli tadi, padahal di dalamnya ada STNK motor, SIM A, SIM C, KarMas, KTP, beberapa lembar uang lima puluhan ribu, dan lainnya. Akhirnya, saya gak jadi servis motor, saya putar balik, nyusuri jalan pelan-pelan, siapa tahu masih ada, dan kalau memang bener jatuh, saya bisa nemukan, tapi ternyata gak ada. Nihil. Saya balik ke bengkel tadi, ternyata udah tutup karena dhuhur. Yaudah, saya ke masjid aja untuk sholat dhuhur dulu. Mudah-mudahan habis sholat, Allah berikan solusinya. Pikir saya. Saya sampai masjid dan jamaah sudah sampai rakaat terakhir. Astaghfirullah.

Setelah sholat, saya cek lagi tas saya, memastikan lagi. Dan memang gak ada. Saya kembali ke bengkel, dan yah.. ternyata masih tutup, biasanya buka lagi memang jam 1 siang. Yaudah, saya putuskan untuk pulang dulu aja ke rumah karena juga udah lemes. Sambil sekalian mampir ke polsek untuk minta surat keterangan kehilangan barang. Sampai kantor polsek, ternyata pak polisinya bilang gak bisa langsung jadi suratnya, butuh BPKB motor, dan saya gak bawa itu. Pak polisinya bilang besok ahad aja jam 8 kesana lagi bawa BPKB motor dan surat keterangan KTP dari desa.

Selama di jalan pulang, saya membayangkan bagaimana ribetnya jika harus ngurus semua surat-surat itu semua., "Ya Allah, mudahkan urusanku.. " Sampailah saya di rumah, segera saya ke balai desa berniat minta surat keterangan, dan yah...ternyata udah tutup juga. Saya balik ke rumah, makan, lalu tidur karena capek mikir. Jam 2.30 siang saya bisa bangun alhamdulillah.. Saya balik naik motor ke tempat bengkel tadi, saya masih husnudzon dompet saya jatuh disana. Sampai disana, ternyata bapak bengkelnya bilang gak lihat ada dompet jatuh. Astaghfirullah.. yaudah, saya teruskan ke pondok akhirnya, karena habis ashar biasanya saya harus ngajar.

Jam 4.30 sore saya pulang ke rumah karena ternyata halaqoh tahfidznya diliburkan dulu. Saya masih yakin dompet saya bakalan ketemu, husnudzon ditemukan orang lalu dikembalikan lagi. Pikir saya. Sampai di rumah, saya baru bilang ke orang tua kalau dompet saya jatuh, hilang entah dimana. Ibu saya cuma bilang, "Udah istighfar aja yang banyak, ini peringatan dari Allah, Allah yang ngatur, kalau Allah pengen mbalikkan dompetmu, itu gampang banget" Saya sadar, akhir-akhir ini kurang memperhatikan rumah, Ibu, dan adik saya. "Ya Allah ampuni saya.."

Setelah sholat maghrib, saya berdoa supaya diberikan jalan keluar, dimudahkan urusannya, saya masih tetep husnudzon kepada Allah kalau dompet saya bakal ketemu, "Ya Allah, saya seharian ini keluar dari rumah, naik motor, itu bukan untuk bermaksiat kepada-Mu, Ya Allah, saya bepergian, saya niatkan untuk kebaikan. Ya Allah, masak untuk berbuat kebaikan saja Engkau berikan kesulitan. Ya Allah, saya percaya gampang saja bagi Engkau untuk mengembalikan dompet yang hilang. Mudahkan urusan saya, Ya Allah".

Dan habis sholat maghrib, saya cari-cari fotokopian KTP, SIM, dan BPKB. Alhamdulillah masih ada fotokopiannya, niatnya besok pagi mau ngurus surat kehilangan. Namun, tiba-tiba pintu rumah diketuk, saya heran, kalau ini pasiennya ibu, harusnya ke pintu ruang periksa, dan gak perlu ngetuk pintu karena ada belnya di luar. Siapa yaa? Hmm..

Saya buka pintu, ternyata pak RT dateng, beliau nanyakan apakah saya kehilangan dompet hari ini. Saya jawab iya, dan beliau bilang katanya pak Lurah barusan dapet info dari pak Lurah desa sebelah kalau dompet saya ditemukan orang di desa sebelah, saya diharuskan menghadap ke rumah pak Lurah desa sebelah malam ini juga. Akhirnya bergegaslah saya ke rumah pak Lurah yang dibilang tadi, sambil tanya-tanya ke warga sekitar dimana rumahnya. Mudah-mudahan bener itu dompet saya. Pikir saya lagi.

Alhamdulillah.. setelah sampai di rumah pak Lurah yang ternyata pas di depan masjid, saya perkenalkan diri, lalu disambut baik oleh beliau, dan dipertemukan dengan orang yang nemukan dompet saya, seorang tentara kodim. Bapak tentara ini bilang sebenernya beliau tahu pas dompet saya jatuh, beliau sudah meneriaki saya, tapi karena saya ngebut akhirnya gak kesampaian. Kami berbicara cukup akrab akhirnya, bahkan pak lurahnya sempet bilang kalau beliau sering dilapori warganya dompet yang ditemukan kayak gini gak sekali dua kali, pernah bahkan sampai tiga hari beliau infokan lewat facebook, hehe.. dan akhirnya yang punya dompet datang ke tempatnya. Tak lupa, saya berterima kasih dan ngasih 'uang bensin' sebagai tanda terima kasih karena dompet saya beserta isinya Alhamdulillah lengkap, gak ada yang kurang. Masya Allah..

Semoga makin banyak orang-orang jujur, orang-orang baik seperti beliau, yang secara tidak langsung menjadi wasilah Allah memberikan pertolongan-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Kalau Allah ingin berkehendak, semuanya pasti bisa, tinggal kun fayakun.

Ya Allah, alhamdulillah.. terima kasih atas nikmat yang Kau
berikan hari ini..
😁😁😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar